Sunday, July 31, 2011

Doa Sayidina Ali menyambut Bulan Ramadhan

Tarawih pertama, malam 1 Ramadhan di Masjid Pulo Gebang, Jakarta Timur.
(Minggu, 31 Juli 2011)


Ceramah tarawih hari ini, tentang doa Sayidina Ali setiap datang Bulan Ramadhan, beliau berdoa meminta tiga hal, yaitu:

Yang pertama adalah dikaruniakan kesehatan,sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dan sunah-sunahnya. Kesehatan disini adalah kesehatan jasmani dan rohani. Apabila kita sakit fisik, pastilah kita akan kesulitan untuk menjalankan amalan sunah di bulan puasa, semisal shalat tarawih. Begitupun apabila kita tidak sehat secara pikiran, meskipun jarak masjid hanya selemparan batu(sak plintengan)/sambil jalan mundur juga sampai dari rumah namun apabila kita tidak dikarunia keinginan, pasti kita tidak akan berangkat ke masjid.

Yang kedua adalah meminta dijauhkan dari hal-hal yang bersifat duniawi selama berpuasa. Kebanyakan dari kita selama berpuasa hanya sekedar menahan makan dan minum saja, tetapi tidak menjaga fikir kita dari hal-hal yang hedon. Padahal esensi dari puasa bukan sekedar menahan makan dan minum saja.

Dan yang ketiga adalah meminta dijauhkan dari kantuk ketika berpuasa. Ketika berpuasa memang tidurnya adalah ibadah, diamnya dzikir, apalagi apabila kita bekerja ketika berpuasa, pastilah sangat besar pahalanya.

No comments:

Post a Comment