Thursday, March 15, 2012

44 Easy Ways to Saving (For Dummies Only)


44 Easy Ways to Saving (For Dummies Only)
Caution!
Tulisan ini diperuntukan hanya buat orang yang mengalami kesulitan menabung saja, kalau lu memang merasa kesulitan menabung silahkan lanjutkan dibaca.
Jangan mengurangi infaq dan zakat setelah membaca tulisan ini!

Selama ini gw hidup dengan menganut sebuah hadits secara buta, hadits itu berbunyi: “Seandainya kalian bertawakkal kepada Allah sebenar-benar tawakkal, niscaya kalian akan diberi rizki sebagaimana rizki burung-burung. Mereka berangkat pagi-pagi dalam keadaan lapar, dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang”. Harusnya memang begitu sih hidup kita, yang tanpa perlu khawatir akan masa depan, rejeki ada di tangan tuhan, selalu ada jalan, ahahaha.
Jadi salah kaprah menuju bubrah, ketika gw menelan hadits itu mentah-mentah, hidup “cal-cul”, Tanpa memikirkan kebutuhan esok, tanpa memikirkan usaha.
Apakah Tawakkal Itu Berarti Meninggalkan Usaha?
Tawakkal tidaklah berarti meninggalkan usaha. Dan sungguh setiap muslim wajib berpayah-payah, bersungguh-sungguh dan berusaha untuk mendapatkan penghidupan. Hanya saja ia tidak boleh menyandarkan diri pada kelelahan, kerja keras dan usahanya, tetapi ia harus meyakini bahwa segala urusan adalah milik Allah, dan bahwa rizki itu hanyalah dari Dia semata. Negara ini membutuhkan banyak wirausahawan dan salah satu skill yang harus dimiliki wirausahawan adalah mengatur keuangan. Selama masa percobaan kurang lancar gw dulu jaman kuliah pas merintis wirausaha, salah satu problem klasiknya juga tentang financial planning. Pendapatan dan beasiswa semuanya disalahgunakan untuk konsumsi.
Saat ini sih gw sedang idle dari dunia usaha, kalau bahasa internet biasanya disebut hiatus. Gw sedang cari ide bisnis sambil kerja dulu, eh tapi kok ya sama saja nggak bisa nabung. Penghasilan selalu habis, setelah bekerja hampir dua tahun gw tetep nggak punya tabungan! Yah, memang ada sebagian yang gw perbantukan buat usaha orang, tapi juga sayangnya gak balik modal ^_^. (tersenyum disaat susah)
Kalau katanya Safir Senduk (Financial Planner): "Punya pacar pintar, giat bekerja dan rajin menabung adalah Investasi."
Nah dalam rangka agar menjadi investasi yang baik buat calon istri dan mertua, gw merasa perlu melakukan financial plan. Ilmu financial plan yang paling mendasar adalah menabung. Menabung bisa dilakukan dengan berbagai metode, kalau gw sih recommend nabung logam mulia saja, khususnya dinar, yang mungkin suatu saat bakal gw tulis berdasarkan inspirasi dari buku “Think Dinar” karya Endy J Kurniawan.

Sekarang kita mulai dulu dengan cara agar kita bisa menabung (ingat for dummies only!):
1. Jangan punya kartu ATM, credit card, yang dijamin bikin hidup lu boros. Gw membuktikan sendiri pengalaman ini, setelah kehilangan benda modern itu gw justru malah bisa nabung, padahal sebelumnya #never. Memang katanya benda ini sangat membantu, maksud mereka mungkin membantu kita menghabiskan uang dimana saja, kapan saja. Buat yang masih punya kartu-kartu itu, just throw away to the river. Kalau nggak tega buang ATM sama CC yah minimal ditinggal di rumah aja, minta tolong kucing buat nyimpenin. Kalau gw tiap butuh duit mesti ambil manual di bank, sekalian apel sama mbak-mbak teller bank syariah.
2. Selalu bawa tas besar ke kantor. Banyak kegiatan di kantor yang isinya makanan, makanan, makanan dan makanan. Tapi akhirnya nggak gw makan, karena masih kenyang, ujung-ujungnya gw tinggal dimeja meeting. Padahal, kalau lu selalu bawa tas besar ke kantor, makanan itu bisa lu bawa pulang buat dimakan dirumah, ahahaha.
3. Bike to work, Leave your motorized vehicle home once in awhile & ride bicycle. More health, more fun, more YOU! Just remember safety first and share the road, don’t act like a queen on the street. Bukanya gw nggak punya kendaraan, gw berangkat ke kantor lebih sering naik sepeda, selain asik, irit, sehat, go green. Kalau secara opportunity cost biaya kendaraan itu cukup mahal, mungkin kebanyakan orang cuma menghitung biaya bahan bakar-nya saja, padahal sebenarnya biaya kendaraan bermotor itu juga meliputi pembelian, perawatan (service/oli/modifikasi/ban, dll) dan pemakaian. Yah demi kehijauan dunia #iniaksiku
4. Reduce, Re-use. Kalau ini berkaitan dengan kebutuhan fasilitas sehari-hari, misalnya sandang kita. Kemarin ketika lihat isi almari kamar dirumah betapa shock nya gw, ternyata gw punya baju, jaket, kaos dan celana yg lumayan sangat banyak, sampai almarinya nggak muat. Padahal gw termasuk orang yang jarang kearah nggak pernah beli baju. Tapi sayangnya baju gw kebanyakan sekarang jadi ketat, karena badan yang tumbuh melebar. Jadi kesimpulanya adalah olahraga, agar baju-baju lama kembali muat hasilnya nggak perlu beli baju lagi.
5. Menabung di awal bukan di akhir, jadi biaya hidup kita yang menyesuaikan dengan sisa penghasilan setelah ditabung dan diberikan ke gayus (setelah kena pajak). Ini sih sebenarnya tips standar, tapi selama lu masih punya kartu ATM akan sulit buat melakukan ini.
6. Okay, still 39 ways less than it should, need help here….Please feel free to write your idea

Nb: Nabung yo nabung, tur ojo lali zakat, infaq, lan sedekah.
Sedulur, konco, tonggo ojo lali juga


Cilacap, March 15, 2012

2 comments:

  1. Posting Artikel Yang Bagus...

    Sekilas Info Untuk Para Blogger Mania :-)
    Lowongan Kerja Sampingan Gaji Pokok 2 Juta rupiah/Bulan, Kesempatan Income Hingga Puluhan Juta Rupiah. Pendaftaran Melalui http://newkerjaonline2012.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Wacana Artikel Yang Bagus...

    Sekilas Info Bagi Blogger Mania yang ingin mendapatkan uang sampingan dari blog anda :-)
    Lowongan Kerja Sampingan Gaji Pokok 2 Juta rupiah/Bulan, Kesempatan Income Hingga Puluhan Juta Rupiah. Pendaftaran Melalui http://newkerjaonline2012.blogspot.com/

    ReplyDelete